Toyota Bangun Pabrik Senilai US $ 1,6 Miliar Dengan Mazda, Pesaingnya

Toyota Motor Corp dan saingannya Mazda Motor Corp diperkirakan akan mengumumkan rencana mereka untuk membangun pabrik perakitan senilai $ 1,6 miliar sebagai bagian dari usaha patungan baru. Padahal sebelumnya diketahui jika Mazda adalah pesaing Toyota. Kabarnya, pabrik tersebut akan mampu memproduksi 300.000 kendaraan per tahun, dengan produksi dibagi antara dua produsen mobil, dan mempekerjakan sekitar 4.000 pekerja saat dibuka pada 2021.

Kerjasama Toyota dan Mazda

Pabrik mobil baru ini akan menjadi nilai plus yang besar bagi Presiden A.S. Donald Trump, yang berkampanye untuk meningkatkan produksi dan memperluas lapangan kerja bagi pekerja rumahan Amerika. Sumber berita juga mengatakan bahwa pabrik yang belum ditentukan lokasinya di A.S. tersebut diharapkan dapat membangun mobil Toyota Corolla dan kendaraan utilitas crossover Mazda.

Nikkei Jepang melaporkan pada hari Kamis sebelumnya bahwa Toyota akan mengambil sekitar 5 persen saham di Mazda Motor Corp untuk mengembangkan teknologi kendaraan listrik utama dan membangun pabrik di Amerika Serikat. Sumber yang berbicara kepada Reuters mengkonfirmasi pembuat mobil Jepang tersebut mengatakan jika usaha bersama yang akan datang fokus pada kendaraan listrik.

Toyota, dalam sebuah pernyataan, mengatakan kedua perusahaan tersebut telah mengeksplorasi berbagai bidang kolaborasi berdasarkan kesepakatan Mei 2015. Mereka menuturkan;

“Kami bermaksud mengajukan proposal ke dewan direksi kami hari ini mengenai kemitraan dengan Mazda, namun kami ingin menahan diri untuk tidak memberikan komentar lebih lanjut saat ini,” kata Toyota.

Mazda mengatakan dalam pernyataannya bahwa “belum ada yang diputuskan” dan menambahkan perusahaan tersebut “akan mengadakan pertemuan dewan mengenai masalah ini. Kami tidak bisa berkomentar lebih jauh. ”

Untuk Persaingan Lebih Kuat di Amerika

Toyota, produsen mobil terbesar kedua di dunia dengan penjualan kendaraan yang sangat tinggi dan sukses pada 2016 dan sebagai perusahaan mobil paling dominan Jepang, telah menjalin kerjasama dengan Mazda, pesaingnya yang berasal dari Jepang yang lebih kecil selama beberapa tahun, yang secara efektif mengkonsolidasikan sektor otomotif Jepang.

Pabrik perakitan di AS yang baru kemungkinan akan menjadi hadiah dalam persaingan ketat antara negara bagian Midwestern dan Southern yang ingin memperluas pekerjaan manufaktur. Pabrik yang baru dibuat untuk mengatasi penjualan mobil turun tajam. Penjualan Corolla Toyota di AS turun hampir 9 persen tahun ini. Di Amerika Utara, Toyota membangun mobil Corolla di Kanada dan Mississippi dan mengumumkan rencana pada tahun 2015 untuk mengalihkan produksi Corolla Kanada ke pabrik baru senilai $ 1 miliar di Meksiko.

Trump pada bulan Januari mengkritik Toyota karena mengimpor mobil ke Amerika Serikat dari Meksiko. Presiden dewa poker tersebut juga juga mengancam akan mengenakan biaya yang lumayan untuk Toyota jika akan membangun mobil Corolla untuk pasar AS di sebuah pabrik di Meksiko.

“Toyota Motor mengatakan akan membangun pabrik baru di Baja, Meksiko, untuk membangun mobil Corolla untuk pasar AS. NO WAY! (pilihannya adalah) Membangun pabrik di AS atau membayar pajak perbatasan yang besar,” kata Trump dalam sebuah posting di Twitter.

Namun sejak Januari lalu, Trump memuji Toyota atas investasi Toyota di AS karena mengatakan pada bulan Januari pihaknya berencana menginvestasikan $ 10 miliar di Amerika Serikat dalam lima tahun ke depan untuk memenuhi permintaan. Selain itu, di bulan lalu, Trump memuji Toyota karena telah menyelesaikan pabrik besar Amerika Utara yang direncanakan lama di Texas. Akan tetapi, pihak Gedung Putih menolak berkomentar mengenai usaha patungan Toyota-Mazda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *