Ini Dia Alasan Kenapa Tidak Ada Sepeda Motor di Film Cars

Pernah membayangkan kenapa di film Cars, sejak kemunculannya hingga Cars 3 nanti, tidak terlihat adanya karakter sepeda motor? Jika iya, Anda tidak sendiri karena memang dunia Cars dari Pixar ini adalah salah satu dunia yang paling memancing rasa penasaran dari semua film di bioskop. Contoh pertanyaan lainnya adalah bagaimana mereka bisa ada? Mengapa dunia mereka bahkan memiliki trotoar sedangkan disana tidak terlihat manusia atau binatang berkaki? Tentu, salah satunya juga kenapa tidak ada sepeda motor di sana?

Karakter Sepeda Motor Sulit Diilustrasikan

Khusus untuk pertanyaan kenapa tidak ada sepeda motor di dunia Cars, jawabannya ternyata hanya karena masalah mekanika atau kurang pasnya ilustrasi prediksi bola yang diperankan oleh sepeda motor di dunia Cars. Faktanya, terlalu sulit untuk menghidupkan sebuah karakter sepeda motor yang terlihat bergerak, berbicara layaknya karakter mobil di Cars. Karakter sepeda motor sulit untuk dibuat dan terlihat seperti seseorang. Ini berbeda dengan karakter mobil.

Sutradara kreatif Cars, Jay Ward berbicara secara eksklusif terkait hal ini. Dia menjelaskan;

“Anda tahu, pertanyaan itu telah datang berkali-kali. Sebenarnya, di Cars 2, kami benar-benar mencoba memasang skuter Vespa kecil untuk (menguatkan) pemandangan Italia. Masalahnya adalah mata dan mulut. Sebuah sepeda motor memiliki satu mata. Motor memiliki (seperti) lampu depan, bukan lampu depan. Jadi ini sulit. Di manakah Anda meletakkan mata saat mereka tidak memiliki kaca depan (seperti kaca depan mobil)?”

“Dan kemudian mulut ada di suatu tempat di sebelah lampu utama? Sungguh sulit menampilkan sepeda motor agar hidup sebagai karakter. Berbeda dengan bentuk mobil, maka terlihat seperti kepala kuda, atau kepala seekor anjing. Mobil memiliki moncong yang panjang, Anda bisa mengembalikan mata ke kaca depan, dan bekerja dengan sangat baik untuk mengeluarkannya.”

Sepeda Motor Menjadi Karakter Aneh

Sebuah sepeda motor yang ditampilkan dengan gaya Cars pastinya akan menjadi makhluk yang tampak aneh. Walaupun beberapa sepeda motor mungkin memiliki kaca depan, tapi tetap sulit untuk menempatkan dua mata di depan. Mereka juga akan terlihat cukup mirip antara sepeda motor yang satu dengan yang lain dan ini berbeda dengan bentuk mobil.

Untuk sepeda motor tanpa kaca depan, menggunakan lampu depan sebagai mata mungkin bisa menarik dan terlihat pas. Akan tetapi seperti yang Jay Ward jelaskan, sepeda motor hanya memiliki satu lampu. Sehingga ketika dipaksakan satu lampu menjadi mata, maka mereka bukan saja terlihat aneh tetapi juga menakutkan. Anak-anak tentu tidak akan menyukainya.

Tentu, sayang sekali jika ide untuk menambahkan kendaraan roda dua ke dunia Cars tidak bisa diwujudkan. Ide menampilkan sebuah skuter di Italia seperti yang dikatakan Jay Ward yang bisa muncul di Cars 2 pasti sangat luar biasa dan menarik. Hal itu bisa saja menambahkan rasa unik ke dunia Cars karena itu akan menjadi yang pertama kalinya kita melihat kendaraan seperti itu.

Tapi, logika memang tidak bisa dimasukkan ke dunia Cars. Sehingga jika mengikuti logika seperti manusia yang memiliki mata di depan, maka di film Cars mata karakternya ada di lampu depan bukan di kaca depan. Apapun itu, jika Anda adalah fans film Cars, jangan lupa untuk saksikan Cars 3 yang akan dirilis bulan ini, tanggal 24 Oktober untuk versi digital dan tanggal 7 November untuk versi Blu-Ray.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *