Hajar Panama 3-0, Belgia Tim Favorit Termulus

Piala Dunia 2018 saat ini akan memasuki hari kelima. Cukup banyak kejutan yang terjadi. Banyak tim-tim top yang memang jadi favorit malah justru terjegal. Namun nasib demikian sepertinya tidak berlaku bagi timnas Belgia. Bertanding di stadion Fisht Olympic, Rusia hari Senin (18/6) malam WIB, Belgia mengawali langkah di turnamen sepakbola terbesar sedunia itu dengan mantap karena berhasil menghajar Panama dengan skor telak 3-0.

 

Kemenangan ini akhirnya membuat Belgia begitu kokoh memuncaki klasemen Grup G dengan tiga poin. Sementara Panama harus rela terkubur sebagai juru kunci. Meskipun bisa menghajar Panama, sebetulnya pertandingan judi bola semalam bukanlah sesuatu yang mudah bagi Belgia. Panama bahkan tampil dengan sangat disiplin sehingga tidak ada satu pun gol tercipta di babak pertama.

 

Namun babak kedua dimulai adalah mimpi buruk bagi Panama. Anak asuh Hernan Dario Gomez ini kehilangan konsentrasi dan langsung kecolongan lewat gol Dries Mertens di menit ke-47. Sejak gol pertama itu, Belgia mulai menguasai jalannya pertandingan hingga 60 persen. Dua puluh menit berselang, tepatnya pada menit ke-69, Romelo Lukaku menggandakan kemenangan Belgia menjadi 2-0.

 

Tak berhenti dengan gol tunggal, pemain Manchester United itu kembali menyarangkan gol ke gawang Panama enam menit kemudian. Jika gol pertama dilakukan Lukaku berkat umpan silang Kevin De Bruyne, gol kedua Lukaku terjadi karena umpan Eden Hazard. Enggan jadi bulan-bulanan Die Roten Teufel, Panama mencoba memperkecil kekalahan lewat menit ke-89. Namun usaha Fidel Escobar itu masih terlalu lemah bagi kiper Thibaut Courtois. Setelah ini Belgia akan melawan Tunisia pada Sabtu (23/6) pukul 19.00 WIB dan berjumpa Inggris pada Jumat (29/6) pukul 01.00 WIB.

 

Hoki Dries Mertens

 

Meskipun Lukaku menyumbangkan dua gol untuk kemenangan di pertandingan perdana Belgia, sebetulnya bintang lapangan saat itu adalah Mertens. Pemain Napoli berusia 31 tahun itu adalah pembawa hoki karena membuka kemenangan bagi Belgia. Kebuntuan Belgia yang terjadi di sepanjang 45 menit babak pertama berhasil dipecah Mertens lewat gol pertamanya tersebut.

 

Bahkan lebih lanjut, Mertens tak ubahnya jimat keberuntungan bagi tim asuhan Roberto Martinez itu. BBC melansir bahwa Belgia mampu menang dalam 13 laga internasional saat Mertens berhasil mencetak gol. Sebagai salah satu tim favorit juara, laju Belgia di Piala Dunia 2018 ini memang cukup gemilang di mana mereka tak terkalahkan dalam 10 pertandingan fase grup dengan catatan lima kali menang dan lima kali seri. Yang menarik, 11 gol terakhir Belgia tercipta di babak kedua.

 

Belgia Tak Senasib Dengan Tim Top Lain

 

Bisa dibilang kalau laju Belgia di pertandingan pertama Piala Dunia 2018 ini sangatlah mulus. Mereka bahkan tidak mengikuti nasib tim-tim unggulan juara seperti Jerman, Brasil, Argentina, Prancis, Spanyol dan Portugal yang bermain seri hingga secara mengejutkan malah kalah. Bukan tanpa alasan kenapa Belgia diunggulkan karena mereka memang memiliki sederet pemain bintang yang merumput di klub-klub Eropa papan atas seperti Hazard, Lukaku dan Courtois.

 

Kecuali Prancis yang menang susah payah 2-1 atas Australia, seluruh tim unggulan lain malah bermain imbang. Yang paling menyedihkan mungkin adalah juara Piala Dunia 2014, Jerman karena malah takluk 0-1 dari Meksiko. Hal inilah membuat Belgia disorot dan penuh tekanan kala melawan Panama. Dilansir detikSport, pelatih Martinez tak menampik kalau timnya memang butuh konsentrasi dan komitmen lebih baik lagi untuk menang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *